PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERANGKAT INPUT dan OUTPUT
A. Perangkat
Input
Perangkat input komputer ( perangkat masukan atau input devices) adalah perangkat yang
digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah pada komputer
untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Beberapa perangkat masukan tersebut
adalah :
1.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar
Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard
sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2,
usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis
QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY
memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
2.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer
atau kursor secara cepat.Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). Sinyal-sinyal
listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa
port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
3.
Touchpad
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse.Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
4.
Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
modifikasi dan mendesain
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5.
Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam computer.
6.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang ini, setiap kasir di
supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang
dijualnya dengan menggunakan barcode.
7. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun
floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya
adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat
melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik
dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat
pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer
adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada
ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang
disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di
pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga
dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy
atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR
(Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk
koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk
pilihan sekolah.Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil
2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta
dapat menggunakan kertas biasa.
8.
Camera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat
membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan film
sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke
dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
9.
Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
10. Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan
rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif
sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan
kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan
sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya
adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan
pensil.
B. PERANGKAT
OUTPUT
Perangkat output merupakan
perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil
pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Beberapa perangkat
output antara lain :
1.
Monitor
Komputer
biasanya dihubungkan pada peranti display, juga dikenal sebagai monitor.
Monitor ditunjukkan dalam Gambar 18. Monitor biasanya tersedia dalam tipe,
ukuran, dan karakteristik yang berbeda. Ketika membeli komputer baru, monitor
biasanya harus dibeli terpisah.
Memahami
karakteristik monitor yang baik akan membantu dalam menentukan monitor terbaik
untuk sistem yang spesifik. Istilah berikut ini memiliki kaitan erat dengan monitor.
- Pixels
Elemen gambar. Tampilan layar terdiri dari
pixel atau titik kecil. Pixel diatur dalam baris melewati layar. Tiap pixel
mengandung tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).
- Dot Pitch
Ukuran seberapa dekat titik fosfor dalam
layar. Semakin bagus dot pitch-nya maka kualitas tampilan akan lebih baik.
Kebanyakan monitor sekarang ini hanya memiliki 0.25 dot pitch. Beberapa memiliki 0.22 dot pitch yang memberikan resolusi yang
bagus.
- Refresh Rate
Tingkat tampilan layar direfresh. Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz)
berarti per detik. Semakin tinggi refresh rate, maka tampilan layar akan
semakin stabil. Kelihatannya akan seperti gambar diam padahal sebenarnya selalu
berkedip tiap kali elektron menabrak dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate
juga dinamakan frekuansi vertikal atau refresh rate vertikal.
- Color Depth
Nomer untuk warna yang berbeda dalam tiap
pixel dapat ditampilkan. Hal ini diukur dalam bit. Semakin tinggi kedalamannya,
maka semakin banyak warna yang dapat dihasilkan.
- Video RAM
(VRAM)
Memori yang dimiliki oleh kartu video.
Semakin tinggi VRAM dalam kartu video, maka semakin banyak warna yang bisa
ditampilkan. Kartu video juga mengirimkan sinyal refresh untuk mengontrol
refresh rate.
- Resolution
Bervariasi tergantung nomer pixelnya. Semakin
banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin tinggi resolusi berarti
gambar akan semakin tajam. Resolusi layar terendah dalam PC modern adalah 640 x
480 pixel yang dinamakan Video Graphic Array (VGA). Kini sudah hadir Super
Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics Array (XGA) dengan resolusi
mencapai 1600 x 1200.
- Monitor screen sizes
Diukur dalam inci. Ukuran
yang paling umum adalah 14”, 15”, 17” 19” dan 21”, dihitung diagonal.
Perhatikan bahwa ukuran yang tampak sebenarnya lebih kecil dari ukuran yang
dihitung. Hal ini dapat diingat ketika akan mencari layar monitor untuk
komputer.
- Display
Warna
Warna diciptakan dengan mengubah-ubah
intensitas cahaya dari tiga warna dasar. 24 dan 32 bit biasanya merupakan
pilihan untuk seniman grafis dan fotografer profesional. Untuk aplikasi yang
lainnya, warna 16 bit akan sudah mencukupi. Dibawah ini merupakan rangkuman
dari kedalaman warna yang sering digunakan:
· 256 warna – 8-bit warna
o 65,536 warna – 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K or HiColor
o
16 million warna– 24-bit warna, juga
dikenal sebagai True Color
o
4 billion warna – 32-bit warna, juga
dikenal sebagai True Color
Monitor berkualitas tinggi dan kartu video berkualitas tinggi
diperlukan untuk mendapatkan resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi pula.
2.
Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk
menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan
dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan
arus listrik.
Saat pertama kali disambungkan
ke komputer, kita harus menginstall software driver printer agar printer itu
dapat dikenali oleh komputer.Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan
satuan dpi atau dot per inch yaitu
banyakknya titik dalam satu inci.Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka
semakin tajam hasil
cetakannya.
Secara garis besarnya jenis-jenis
printer sebagai berikut :
a.Dot
Matrik, printer jenis ini menggunakan
tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
b.Inkjet, printer jenis ini menggunakan
tinta cair atau liquid ink.
c.Laser
printer, printer jenis menggunakan tinta
serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter
3. Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari
speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran
berupa suara dari komputer melalui speaker.
4. Proyektor
Infocus atau juga disebut
proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan
kekomputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
5. Plotter
Plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki
ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang
optimal untuk
objek gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar