sejarah dan Pengertian algoritma

Hi,, sobat kali ini saya akan memostingkan tentang algoritma ..
apasih algoritma itu??,,.
Berikut penjelasannya:

            Di postingan saya sebelumnya saya telah menjelaskan bagai mana cara mengambil gambar yang benar.
Sekarang saya akan menjelaskan tentang algoritma, apa itu algoritma?...

Sejarah algoritma

            kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata  algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan  algorist jika Anda menghitung menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya Buku pemugaran dan pengurangan (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata  Aljabar (Algebra). Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata  algorism sering dikelirukan dengan  arithmetic, sehingga akhiran  sm berubah menjadi  thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.
inilah poto pencipta algoritma.



Algoritma

                Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun  secara sistematis dan logis . Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu computer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Algoritma juga terikan pada kehidupan sehari hari misalnya cara membuat masakan tempe mendoan yang di tetapkan dalam sebuah resep juga dapat di sebut sebagai algoritma. Bila langkah langkah atau cara pembutannya tidak logis tidak akan menghasilkan masakan yang di inginkan.Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakan tersebut akan membaca satu per satu langkah-langkah pembuatannya lalu iamengerjakan proses sesuai yang ia baca. Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alat-alat elektronik lainnya. Pemroses melakukansuatu proses dengan melaksanakan atau mengeksekusi algoritma yang menjabarkan proses tersebut.
Dalam kenyataannya, setiap orang dapat membuat dan menciptakan algoritmanya yang berbeda untuk memecahkan suatu persoalan atau masalah dirinya sendiri, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.

Perhatikan algoritma sederhana berikut :
Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah:
1. Menyiapkan Peralatan Tulis
2. Menulis surat
3. Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup
4. Amplop ditempeli perangko secukupnya.
5. Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya

Algoritma menghitung luas persegi panjang:
1. Masukkan panjang (P)
2. Masukkan lebar (L)
3. Luas  P * L
4. Tulis Luas

Hal yang dapat anda lakukan di waktu luang
            Itulah penjelasan tentang algoritma yang saya dapatkan dari guru saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.