Perkembangan Processor dari Awal sampai Sekarang



Perkembangan Processor dari Awal sampai Sekarang


Jika kita melihat perkembangan processor mulai dari awal ada hingga sekarang, sangat terlihat sekali perbedaannya baik dari segi ukuran processor, kemampuan processor, sampai penggunaan processor untuk apa saja. Berikut ini merupakan ringkasan dari beberapa processor dari generasi ke generasi.

 Microprocessor 4004  (1971)
Microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom.

 Mikroprosesor 8008 (1972)
Ini adalah  microprocessor 8 bit pertama dan hanya di desain untuk mengerjakan satu pekerjaan saja.

Mikroprosesor 8080 (1974)
Pengalamatan  memory sudah sampai 64kb. Kemampuannya dapat 10x lebih cepat dari mikroprosesor sebelumnya dan menggunakan teknologi NMOS.

Mikroprosesor 8086 (1978)
CPU 16bit pertama.  Pada seri ini menggunakan teknologi HMOS.

Prosesor 80386 DX
CPU 32 bit pertama. Mengalamati memori hingga 4GB. CPU ini dapat membuat beberapa 8086 virtual di tiap lokasi memorinya sendiri-sendiri. 386 bekerja pada kecepatan clock 16,20 dan 33 MHz.

1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jutat transistor yang pertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya. Pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server.

1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium.
1999 : Intel® Pentium® III  Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Prosesor jenis ini, ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

Processor Intel Pentium 4 (2000)
Processor Pentium IV mempunyai kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

Processor Intel Core 2 Quad Q6600 (2006)
Prosesor ini memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ).

Processor Intel Core I series (2008)
Prosesor keluaran intel paling baru dengan kecepatan berkisar dari 3.2GHz sampai 3.46GHz. Model ini sudah mendukung hyperthreading dan Turbo Boost, dilengkapi juga dengan cache L3 sebesar 4MB dan konsumsi power yang digunakan adalah 73W.


Daftar Pusaka

http://www.Perkembangan teknologi komputer ditinjau dari Prosesornya – zahrul leonhartz.html
http://www.Perkembangan Prosesor Hingga Sekarang _ Blog-TeKom _ Belajar ilmu komputer.html

http://fabiolaester.blogspot.co.id/2014/10/perkembangan-processor-dari-awal-sampai.html

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.